FAQ about Purging dan Breakout

June 21, 2019
Karena masih banyak sobat online ku yang nanyain soal purging dan breakout,  jadi mari kita refresh lagi. Mungkin masih ada yang belum paham atau belum baca 😏

Apa itu Purging dan Breakout? Jelasin lagi dong belom paham nich
Di postingan BREAKOUT VS PURGING sebelumnya, aku udah jelasin bener-bener jelas apa itu purging, breakout, apa penyebabnya, apa aja bahan pemicunya. Udah jelas bener jelasin semuanya. Kalian tinggal klik lagi itu dibaca dipahami bener-bener :(

Tapi aku jelasin lagi deh karna aku baik hati dan sedikit sombong
Purging adalah kondisi di mana microcomedone (bakal jerawat yang terbentuk karena pori-pori tersumbat) naik ke permukaan kulit. Dan ketika pori-pori kamu tersumbat, tidak akan terjadi inflamasi saat itu juga. Tapi butuh waktu buat si bakteri ini berkembang biak sampe akhirnya muncullah jerawat-jerawat lucu.
Purging bisa terjadi ketika dipancing untuk mengalami pergantian sel. Jadi microcomedone yang seharusnya naik ke permukaan setelah 2 minggu, ketika dipancing maka microcomedone akan naik ke permukaan kulit menjadi jerawat yang muncul beramai-ramai atau yang kalian sebut purging.

Breakout terjadi karena kulit kamu bereaksi negatif terhadap suatu bahan atau formula yang ada di produk yang kamu pake. Jadi kulit kamu tuh kaya berontak gitu karna kamu pake bahan tersebut.
Apa penyebab Purging dan Breakout?
Purging disebabkan karena kamu memakai produk-produk yang berfungsi untuk cell turnover atau produk-produk yang mengeksfoliasi kulit kamu. AHA, BHA, dan senyawa turunan vitamin A seperti retinol, retinoid atau retinoic acid bisa mempercepat pergantian sel kulit kamu. Otomatis ketika kamu menggunakan produk yang mengandung satu dari bahan-bahan di tersebut, maka mungkin kamu mengalami purging

Sedangkan breakout sendiri muncul ketika kulitmu tidak cocok oleh suatu bahan. Misal kamu sedang menggunakan produk A, kemudian kamu berjerawat padahal produk tersebut tidak mengandung bahan yang fungsinya untuk cell turnover. Maka kamu sedang mengalami breakout atau tidak cocok terhadap suatu bahan atau formula yang terdapat di produk itu.
Di mana biasanya muncul Purging dan Breakout?
Ga ada lokasi khusus buat muncul purging atau breakout karna microcomedone tumbuh di mana aja. Jidat, pipi, hidung, dagu suka suka dia lah. Jadi karena purging itu bikin microcomedone tersebut cepet naik ke permukaan, maka jerawatnya akan muncul di tempat kamu biasa jerawatan. Ya purging itu muncul di tempat biasa kamu jerawatan

Kalo breakout jerawat bisa muncul di mana aja, ga harus di tempat biasa kamu jerawatan. Karena kan jerawat ini merupakan reaksi ketidak cocokkan kulit kamu, jadi suka-suka si jerawat mau nongol di mana
Berapa lama terjadinya Purging dan Breakout?


Purging biasanya terjadi selama 1 siklus kulit atau kurang lebih 1,5 bulan. Bahkan bisa lebih lama dari itu. Jadi kalian bener-bener harus sabar nungguinnya. Setelah 1 siklus itu jerawat akan sangat berkurang. Karena purging kan bikin microcomedone cepet naik ke permukaan. Dan purging itu cuma sekali seumur hidup kamu nyopa skin care ya. Misal kamu baru coba pake AHA/BHA, dan kamu mengalami purging. Trus taun depannya kamu ganti produk AHA/BHA, ya insya Allah ga bakal purging lagi.

Beda lagi kalo breakout, sekali lagi jerawat ini kan kaya reaksi alergi sama suatu bahan, jadi ya munculnya suka-suka dia, ngilangnya ya nunggu kamu stop pake produk itu. Kalo jerawat breakout kamu ngga ilang-ilang, ya berarti kamu masih pakai produk penyebabnya.
Apa yang terjadi kalo stop pake produk penyebab purging dan breakout?
Kalo stop pake produk yang menyebabkan purging, maka purging akan terus berlangsung bahkan sampe seminggu setelah produk itu dihentikan. Tapi kalo breakout, ketika kamu stop penggunaan produk penyebabnya, dan kembali lagi ke "skin care aman" kamu, pasti jerawat breakoutnya akan membaik sendiri kok gengs.
Apa yang harus dilakuin kalo mengalami purging atau breakout?
Lanjutin aja pake produk yang bikin purging tapi dengan catatan, kamu harus sabar dan telaten. Jangan pernah skip pake basic skin care kamu biar ngebantu penyembuhan si jerawat purging. Tapi kalo kamu mengalami breakout, YA BERHENTI PAKE PRODUK YANG BIKIN KAMU BREAKOUT YA BEB.


Kayanya segini dulu kuliah hari ini. Semoga membantu temen-temen semua yang masih bingung ngebedain ini purging atau breakout yah. Intinya, kalian harus kenali kulit kalian dan produk yang akan kalian pakai.

Thanks udah mau baca, feel free to contact me for more info yaaa
Have a good Friday, peeps!

Love,
Dhinda

6 comments:

  1. Kak mau tanya dong. Pipi kanan dan pipi kiriku itu berbeda kak. Pipi kiriku cenderung mudah berejerawat, setelah aku amati seminggu sekali ada beberapa jerawat yang mau muncul. kadang kalo berhasil, jerawat tersebut ngga jadi muncul. Nah, pipi kanan jarang sekali jerawatan.
    Itu kenapa ya Ka?


    Kalo yang ku alami di pipi kiriku itu, apakah juga termasuk purging?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo.
      sebelumnya, apa kamu pake produk yg mengandung AHA/BHA/retinoid? kalo iya, bisa jadi purging. tapi purging itu biasanya ngga berlangsung rutin. kaya sekali muncul, ya udah gitu.
      tapi kalo kamu ga pake produk exfoliating/retinoid dan jerawatnya rutin gitu munculnya, udh berlangsung lama, coba dicek lagi produk2 yg kamu pake. bisa jadi sebenernya kamu ga cocok sama salah 1 produk tsb :)

      Delete
    2. Aku blm pernah pake active priduct itu kan. Dan bener Ka , setelah aku perhatiin aku ngga cocok pake aloe vera gel dari nat*rep Ka
      Setelah aku berhenti dan pake basic alhamdulillah udah ngga begitubparah seperti sebelumnya

      Delete
    3. Jadi purging tu ga berlangsung terus menerus ya kak. Maksutnya kalo purrgingnya udah ilang, ya udah itu doang ga ada purging2an lagi

      Delete
    4. oooh pake n*trep to hehe itu namanya breakout. kan n*trep ga mengandung bahan yg menyebabkan purging. bisa karna ga cocok juga sama alkohol yg ada di dalemnya.
      iya biasanya sih kalo udh selese purgingnya, ya udah ga muncul lg.

      Delete
  2. Kak kalo scrub itu bisa bikin purging gak si kak?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.