FUNGAL ACNE

June 24, 2019
Selamat hari Senin sobat skin care-kuu!
Di hari yang cerah ini aku mau cerita sedikit soal fungal acne. Disclaimer yaa, aku bukan dokter kulit. Bukan anak kedokteran. Bukan anak farmasi. Aku cuma suka segala hal tentang skin care jadi mungkin aku sedikit lebih tahu dan terkesan sok tahu. Aku cuma mau sharing sama kalian semua sedikit banyak tentang hal-hal yang aku tau. Dan hari ini aku pengen bahas Fungal Acne.
Apa sih Fungal Acne?
Fungal acne sering disalah artikan sebagai jerawat. Karena selain bentuknya yang mirip, tempat tumbuhnya juga di tempat yang sering tumbuh jerawat. Padahal beda, sobat
Jerawat itu disebabin sama bakteri, nah kalo fungal acne jelas-jelas karna jamur. Jamurnya namanya Malassezia folliculitis. 

Jamur ini udah ga asing di tubuh manusia. Cuma, di beberapa kondisi, jamur ini berkembang biak seperti ketika cuaca jadi lebih panas. Karena jamur ini penyuka minyak, jadi ya hal ini yang bikin infeksi di kelenjar rambut.

Sistem imun kita tuh pasti berusaha buat ngelawan biar jamur ini ga nyerang kelenjar rambut sama kulit kita, nah ini tuh pasti jadi muncul merah-merah tanda inflamasi. Tubuh kita pada dasarnya udah memproduksi sebum alami yang mana merupakan makanan Malassezia. Di sebum kita terdapat campuran lemak; fatty acid, wax ester, cholesterol, triglycerides, cholesterol ester dan squalane.

Nah rantai asam lemak itulah yang jadi makanan jamur Malassezia. Jamur ini ga cuma bikin kulit jadi bruntusan, tapi juga eczema, dermatitis, bikin kulit kepala ketombean dan masalah kulit lainnya.
Apa penyebab Fungal Acne?
Ada 2 faktor yang menyebabkan fungal acne. Yaitu faktor eksternal dan internal.
Faktor eksternal:

  • pemakaian produk skin care
  • cuaca
  • keringat
  • kelembaban
  • dll
Faktor internal:
  • Diabetes mellitus
  • HIV/AIDS
  • dan penyakit lainnya
Apa gejala dari Fungal Acne?

  1. Bentuknya kaya jerawat, tapi diobatin pake obat jerawat apapun ga ngaruh
  2. Hampir semua produk skin care bukannya nyembuhin tapi malah bikin breakout
  3. Bentuknya papule dan pustule. Ga mendem di dalem kulit kaya cystic acne tapi kalo dikeluarin kaya ada putih-putihnya
  4. Ke dokter kulit aja beb biar jelas itu beneran karna jamur Malassezia atau bukan dan biar dapet penanganan yang tepat.
Apa aja bahan yang harus dihindari?
 1. Fatty acid: coconut oil, oleic acid, linoleic acid, stearic acid, lauric acid, dan lain sebagainya bisa dicari sendiri apa aja jenisnya
2. Bahan fermentasi
3. Benzoyl Peroxide. Ini kan obat jerawat ya, pasti bikin kulit kering. Dan kulit kering ngebantu penyebaran Malassezia
4. Ester
Apa saja bahan yang aman dipake buat fungal acne?
1. Glycerin. Sifatnya yang humektan menjaga kadar air di kulit. Bisa juga sebagai solvent dan emollient. Tapiii glycerinnya harus berdiri sendiri ya. Kalo glycerin + fatty acid ya sama aja.
2. Mineral Oil. Buat yang takut pake produk yang ada mineral oilnya karna takut menyumbat pori, kalian salah. Mineral oil itu non-comedogenic dan ga nyumbat pori jadi ga bikin bruntusan atau jerawatan. Sifatnya yang occlusive justru aman dipake sama yang punya fungal acne.
3. Squalane. Beda sama squalene yaa. Kalo squalAne itu hasil derivatif squalEne. Dan squalAne ini jenis oil yang ga comedogenic dan ga bikin iritasi.

Segini dulu yang bisa aku ceritain ke sbat online-ku. Aku cuma share berdasarkan yang aku pelajari aja. Buat lebih jelasnya bisa langsung ke dokter kulit aja. Biar penanganannya tepat, dan ga self-diagnosted. Jangan sok tahu. Tanya sama ahlinya biar diobatin bener.

Have a good week peeps!

Love,
Dhinda

6 comments:

  1. Kak boleh info utk pengobatan fungal acne yg dpt dibeli di apotik / supermarket gitu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tau kalo ini ya hehe mungkin bisa langsung ditanyain ke dokter kulit.

      Delete
  2. Kak tapi di website sebelah pakek mineral oil terus menerus malah bikin iritasi,jadi yang bener gimana?

    ReplyDelete
  3. Menurut web sezia.co glycerin itu high sensitivity ingredients. Tp disini termasuk ke bahan yg aman. Nah untuk tau si glycerin inj berdiri sendiri tanpa ada fatty acid? Maksudnya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku ini tuh kaya di kandungan skincare yang kamu pakai itu ada glycerinnya tapi gaada fatty acidnya ( coconut oil, oleic acid, linoleic acid, stearic acid, lauric acid, dan lain sebagainya bisa dicari sendiri apa aja jenisnya ). misal di skincare a ada kandungan glycerin dan coconut oil nah itu nggak safe buat fungal acne. cmiiw

      Delete
  4. Glycerin itu aman ga e ? Kok di sezia dan disini beda yaa

    ReplyDelete

Powered by Blogger.