Bekas Jerawat PIH dan PIE

July 11, 2019
Apa sih PIH dan PIE?
PIH atau kepanjangannya Post Inflammatory Hyperpigmentation adalah bekas jerawat kehitaman atau kecoklatan karena produksi melanin yang berlebihan akibat inflamasi.
PIE atau Post Inflammatory Erythema adalah bekas jerawat kemerahan yang biasa kita panggil sebagai redness. Kenapa bisa kemerahan? Karena adanya kerusakan pembuluh darah di dalam kulit akibat adanya peradangan.

Dah diinget aja pokoknya kalo PIH itu coklat/hitam, kalo PIE itu merah.

Trus bisa diilangin ngga?
Bisa.
Untungnya, PIH dan PIE ini satu-satunya jenis bekas jerawat yang bukan cuma bisa dipudarin tapi bisa diilangin. Yup, memang lebih gampang meratakan warna kulit daripada meratakan tekstur. Jadi jangan berkecil hati buat kalian yang punya PIE atau PIH.
Gimana caranya?
Pertama-tama sebelum aku kasih tauin caranya, aku mau kasih tau dulu kalo perawatan apapun itu butuh waktu. Ngga bisa instan langsung keliatan hasilnya. Ngga ada satupun produk yang 'miracle' langsung bikin mulus. Kalopun ada... ya serem beb.
Selain itu, kamu juga harus telaten. Percuma juga dong pake produk mahal-mahal kalo dipakenya jarang-jarang? Keburu abis PAO-nya, malah belom keliatan hasilnya.
Jadi gimana cara ngilangin PIE dan PIH?

1. SELALU GUNAKAN SUNSCREEN
Beb, udah tau belom kalo sinar UV itu memperburuk hiperpigmentasi? Udah tau belom kalo sunscreen itu produk terbaik untuk meratakan dan mencerahkan warna kulit? Kalo belom, nih aku kasih tau. Sunscreen itu mencegah hiperpigmentasi semakin parah. Sinar matahari kan mengandung UVB atau UV Burn, yang mana bisa membuat bekas jerawat kamu yang tadinya mungkin coklat muda bisa jadi coklat tua trus jadi hitam. 

Jadi tolong banget kalian jangan pernah skip pemakaian sunscreen. Jangan banyak alesan sunscreen itu mahal, bikin berminyak, lengket, bikin jerawatan, bikin kusam. Beb please, ada ratusan jenis sunscreen di dunia ini yang bisa kamu coba. IYA HARUS COBA SATU PER SATU JANGAN NGANDELIN KATA ORANG. Temuin dulu sunscreen yang cocok di kamu, ngga usah cari-cari serum essence macem-macem kalo belom punya sunscreen yang tepat di kulit kamu.

Mohon maaf agak emosi saya kalo bahas sunscreen soalnya gemes banget sama netijen-netijen yang ingin mukanya cerah tapi pake sunscreen aja gamau alesannya mahal padahal beli serum harga 300rb dijabanin 👊

2. RAJIN EKSFOLIASI
Ini ditujuin buat kalian-kalian yang udah lolos basic skin care-nya yaa. Kalo kalian masih ogah-ogahan pake sunscreen atau masih belom nemu hydrating toner yang cocok ya bye aja deh berenti sampe di sini aja bacanya. Belajar dulu di sini.

Nah karena eksfoliasi itu fungsinya buat mengangkat sel kulit mati dan buat boost sel kulit untuk melakukan proses regenerasi, maka cucok meong banget lah buat membantu memudarkan bahkan menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan exfoliating yang mengandung AHA yaaa

3. PAKE SERUM
Cara ini juga boleh dilakuin sama kalian yang udah pinter basic skin care-nya. Dan ini sebenernya step yang lumayan berpengaruh ya buat bekas jerawat terutama PIH. Ada beberapa bahan yang bisa membantu bahkan wajib ada di serum kalo kamu mau mudarin PIH. Di antaranya:
- Niacinamide
- Vit. C
- Vit. A (retinoid, retinol, retinoic acid)
- Alpha Arbutin
Pokoknya kalo kamu mau beli serum buat mudarin PIH, cari yang ada bahan0bahan di atas yah!

Kalo buat PIE gimana?
Sebenernya lebih gampang yaa, karna PIE kan cuma karena peradangan aja, karena iritasi. Nah kulit iritasi itu maunya disayang-sayang pake bahan-bahan yang sifatnya soothing and calming. Ga perlu bahan aktif khusus kalo buat nanganin PIE. Tapi ada beberapa bahan yang bisa dipake buat nenangin kulit. Seperti aloe vera, centella, calendula, rose dan masih banyak lagi.
Apa bisa dicegah kemunculan PIE dan PIH?
Bisa!
Ada beberapa cara buat mencegah kemunculan PIE dan PIH ketika kamu berjerawat.
1. Jaga kondisi skin barrier kamu
2. Jangan usilin jerawat. Don't touch them!

Kurang lebihnya begitu deh girls. Semoga membantu kalian yang masih bingung sama PIE dan PIH yaa.
Have a good day, everyone!


Love,
Dhinda

No comments:

Powered by Blogger.