Exfoliation

January 05, 2019






Exfoliation itu apa sih? Kayanya sekarang banyak banget produk-produk yang tulisannya exfoliating/exfoliator kan ya?





Exfoliation adalah suatu perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, komedo hitam dan putih yang bikin kulit wajah jadi bersih, mulus, kinclong dan lebih cerah. Masalah-masalah kulit kaya jerawat, bruntusan, komedo, hiperpigmentasi, kerutan bisa enyah kalo kita ngelakuin eksfoliasi terhadap kulit.

Jenis eksfoliasi ada 2:

  1. Chemical Exfoliation
    Produk chemical exfoliator ini biasanya mengandung acid. Kayanya udah umum banget ya, bahkan sempet hype beberapa waktu lalu karena munculnya teori double toning. Acid yang biasanya dipake itu AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid). Tapi beberapa waktu lalu muncul lagi satu jenis acid yang mulai banyak digunakan sebagai exfoliating acid juga yaitu PHA (polyhydroxy acid).Acids ini biasanya terdapat di produk exfoliating toner, facial wash, serum. Yang mana kalo kita pake produk yang mengandung acids ini, pH kulit kita akan menjadi rendah. 

    Reaksi yang ditimbulkan acids ini bisa meluruhkan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Sehingga kalo kita pake exfoliating toner, otomatis kulit bakal jadi halus dan tampak glowing. Karena si sel kulit mati yang menumpuk ini bisa menimbulkan kesan wajah kusam dan menghilangkan glowing dari wajah.

    AHA bekerja di permukaan kulit dan larut dalam air. Sedangkan BHA bekerja sampai ke pori-pori dan larut dalam minyak. Sehingga, AHA biasanya cocok untuk normal to dry skin sedang BHA cocok untuk kulit normal to oily, combination dan acne prone skin. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

    Buat yang baru mau coba pake acids sebagai exfoliating, sebaiknya dimulai dari produk exfoliating yang gentle dan dipakenya bertahap. Misal seminggu sekali, lalu liat apa ada reaksi purging atau breakout. Kemudian lanjut lagi jadi seminggu 3 kali, atau pemakaian 2 hari sekali. Jika dirasa sudah aman dan cocok, pemakaian exfoliating toner bisa menjadi setiap hari. Namun harus diperhatikan, kalo udah coba-coba pake exfoliating product, harus juga pake hydrating toner. Supaya kulit tetap terjaga hidrasinya dan ngga jadi kering iritasi bahkan breakout.
  2. Physical Exfoliation
    Kalo eksfoliasi jenis ini biasanya wujudnya itu scrub. Sesuai jenisnya yaitu physical exfoliation, cara eksfoliasinya ya dengan menggosokkan scrub ke wajah buat angkat sel kulit mati. Ada pro kontra mengenai scrub ini. Banyak yang takut iritasi karna penggosokkan scrub, tapi banyak juga yang cocok dan lebih suka pake scrub ketimbang toner. Emang sih efeknya langsung berasa banget. Kulit jadi alussss banget dah. Udah gitu keliatan lebih cerah juga. Cuma kekurangannya, kalo pake scrub ini kan cuma bisa menggosok permukaan kulitnya aja, sedangkan bagian dalam pori-pori ngga dibersihkan.

    Saran aku sih, tunggu sampe jerawat tenang dulu ngga meradang baru bisa di scrub. Kalo kulit kalian bruntusan, pas bruntusannya udah kering langsung hajar pake scrub aja beb. Pasti lenyap semua mulusss

    Pemakaian scrub ini juga ngga bisa sering-sering. Maksimal seminggu sekali. Itu udah paling aman deh biar kulit ngga over exfoliating. Pake scrub juga ngga bisa sembarangan, harus cari yang butiran scrubnya ngga terlalu besar, dan menggosoknya pun jangan terlalu semangat karna bisa menyebabkan iritasi di kulit. buat kulit yang kering juga harus hati-hati, karna pemakaian scrub di kulit kering justru bisa bikin kulit jadi perih dan makin kering. Kulit yang sedang berjerawat sih ngga disarankan buat scrubbing ya, karna bisa memperparah jerawat meradang. Jerawat kalo lagi radang kena angin berhembus aja suka senut-senut ya, gimana ini discrub.





Apa itu over exfoliating?
Over exfoliating adalah kondisi di mana kamu terlalu banyak mengeksfoliasi kulit. cirinya, kulit jadi merah-merah, iritasi, kering, dan terlihat tipis. Itulah kenapa kita harus perhatiin banget waktu pake exfoliating produk. Jangan sampe dobel-dobel. Udah pake scrub, abis itu pake exfoliating toner, trus ga dipakein hydrating toner. Kelar deh udah itu welcome over exfoliating. Boleh aja pake 2 jenis exfoliator (chemical & physical) tapi jangan dipake berbarengan. Harus dikasih jeda. Misal hari ini pake scrub, abis itu skip aja exfoliating tonernya. Boleh pake exfoliating toner besoknya. Biar ngga jadi over exfoliating dan bikin iritasi.





Ada beberapa hal yang harus diperhatiin kalo mulai pake exfoliating product:


  1. Pemakaian exfoliating product harus dibarengin sama hydrating products. Karna exfoliating sifatnya mengeringkan kulit, jadi harus dipakein produk-produk yang bisa nambah kadar air ke kulit. jangan lupa juga di lock pake moisturizer.
  2. Never skip sunscreen. Kulit yang udah dipakein acids bakal lebih sensitif sama sinar matahari. Dan sinar matahari itu kan jahat banget efeknya ke kulit, jadi apapun yang terjadi wajib banget pake sunscreen


Nah kalo ada yang tanya, seberapa penting exfo toner?




jawabannya; penting. Kalo kamu udah konsisten rutin ake basic skin carenya. Udah bener double cleansingnya, ngga bolong-bolong lagi pake moisturizernya dan ngga skip sunscreen. Baru deh bisa masukin exfoliation ke tahapan skin care routine. Kalo belom bener basic skin carenya ya jangan repot-repot keluarin duit buat beli exfo toner. Karena semua produk skin care itu saling berkesinambungan ya, ngga ada yang berdiri sendiri. Jadi kalo kamu mau keliatan hasilnya ya harus dipake bener-bener. ngga bisa cuma ngandelin 1 produk aja

Jadi jangan latah ikut-ikutan tren pake exfo toner padahal basic skin care-nya belom bener. Nanti kalo muncul masalah, iritasi, dehidrasi, jerawat, bruntusan malah nyalahin tonernya.







Have a good day, everyone!








Love,
Dhinda

No comments:

Powered by Blogger.