Morning Skin Care Routine for Oily Skin

January 06, 2019


Whats up girlsss! Akhirnya mengumpulkan niat buat share skin care routine aku setelah beberapa pergumulan hati. Produk-produk di bawah ini adalah produk yang aku pake beberapa bulan ke belakang, ngga ganti-ganti, udah ngerasain efeknya, ngga dibuat-buat juga. Dan sekali lagi, produk yang cocok di aku belum tentu akan cocok juga di kamu. Produk yang ngasih efek positif di aku, belum tentu juga ngasih efek positif ke kamu. So be smart reader girls.
Langsung aza ya aku jelasin step by step morning skin care routine aku

1. Facial Wash
Jelas ya pasti kebanyakan orang bangun tidur ya cuci muka, entah pake sabun atau engga. Kalo aku keduanya. Kadang kalo ngerasa muka lagi berminyak banget dan kotor banget, aku cuci muka pake facial wash. Tapi kalo bangun tidur ngerasa muka lagi oke banget nih kondisinya, ya cuci mukanya cukup pake air dingin aja. 
Kenapa? Karena ketika malemnya aku udah pake serangkaian skin care routine, pasti pagi harinya kulitku terasa sehat banget. Glowing, lembab, kenyal. Dan aku ngga mau ngilangin itu semua dengan cuci muka pake sabun. Se-mild apapun sabun yang dipake, tetep aja bisa ngeringin kulit. Udah banyak banget loh beauty enthusiast yang ngga cuci muka pake sabun di pagi hari. Aku ngerasanya sih minyak yang keluar di siang hari makin dikit.
Berarti ngga perlu double cleansing dong? Ya prinsipku sih, aku akan double cleansing kalo abis pergi ke luar, abis pake sunscreen atau abis pake make up. Nah kalo tidur kan kita ngga kena kotoran apapun tuh yang perlu dibersihin sampe 2 kali. Jadi kalo aku sih ngga pernah ngelakin double cleansing di pagi hari. Cuma ya kalo kalian ngerasa bangun tidur kok mukanya kotor banget ya sok aja.

Nah facial wash yang aku pake di pagi hari itu adalah Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser




Facial wash satu ini teksturnya gel bening, yang hampir ngga berbusa. Mengandung tea tree oil, jadi ya jelas lah memang ditujukan buat para pemilik kulit berminyak. Walaupun namanya good morning gel cleanser, tapi sebenernya bisa dipake kapanpun sih. Cuma kalo aku emang makenya di pagi hari. Karenaaa wash ini cukup mild ya, jadi cocok lah buat dipake di pagi hari. Karna aku ngga suka aja pagi-pagi udah pake facial wash yang terlalu harsh.
Sabun ini ngga ada efek mencerahkan atau melembabkan, ngga juga mengobati jerawat. Tapi karena mengandung tea tree yang terkenal banget ngatasin jerawat, sejak pake sabun ini bruntusanku lenyap, bersih jidatnya. 
Waktu itu beli harganya sekitar 135k. Di online shop banyak yang jual, di watson dan guardian beberapa kota juga udah ada produk Cosrx.


2. Hydrating Toner
Pake hydrating toner di pagi hari adalah wajib, ngga boleh kelewat. Dan aku suka banget layering hydrating toner. Jadi pakein ke seluruh muka, tunggu sampe 3/4 kering, trus pakein lagi. Ulangin sampe beberapa layer. Tergantung kebutuhan sih, dan tegantung lagi buru-buru apa engga. Aku pake 2 hydrating toner yang bener-bener mantep banget efeknya ke kulit aku. Yang pertama The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner.


Hydrating toner ini isinya banyak banget, dipake layering tiap hari pagi dan malem juga ngga abis-abis. Mungkin karna teksturnya kental dan pake dikit aja udah cover seluruh wajah. If you are ok with fragrance, you can buy this. Karna toner ini wangi bangeet, enak sih ngga gengges. Cuma kalo kalian menghindari fragrance ya jangan pake toner ini.
Beli toner ini tentu saja di counternya Body Shop harganya kalo ngga salah sekitar 170k.


Dan toner yang kedua adalah Hada Labo Gokujyun Premium. Wah ini the best hydrating toner ever! Teksturnya yang kental bikin kulit langsung lembab seketika. Kalo pake toner ini ngga perlu layering juga udah dapet banget lah hydrating-nya.
Tapi sayangnya ini ngga dijual di drugstore. Aku beli ini titip teteh baik hati yang liburan ke Jepang. Di online shop pasti banyak sih, tapi harganya jelas beda. Kemaren kalo di rupiahin berapa ya aku lupa wkwk sekitar 180an deh cmiiw

3. Serum
Oleh karena aku udah lulus basic skin care-nya, jadi aku meningkat ke step berikutnya dengan menambahkan serum. Nah serum yang aku pake adalah The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%.
Kenapa milih pake serum ini? Karena aku masih fokus buat menyamarkan noda bekas jerawat. Sebagaimana kita tau niacinamide ini kan jenis vitamin B punya manfaat buat blemishes ya, jadi cocok banget dipake kalo mau mudarin bekas jerawat yang kehitaman atau kecoklatan. Aku pake ini udah dari lama banget dan sekarang tinggal 1/4 botol. Sebenernya bekas jerawat aku ngga bener-bener pergi karna serum ini, tapi karna gabungan beberapa produk yang efeknya memudarkan bekas jerawat.
Selain itu, niacinamide bisa juga buat memberikan hidrasi ke kulit. Dan ya emang aku ngerasa kulit aku jadi lembab kalo pake ini. Satu lagi, serum ini bener-bener ngebantu buat ngontrol produksi sebum di wajah. Jadi kalian si oily skin pasti suka sama serum ini.
Cara pakenya, abis pake hydrating toner, aku tunggu meresap dulu baru pake serum ini. Walaupun teksturnya kental, tapi ngga lengket sama sekali.
Aku beli serum ini sekitar 120an ribu, waktu itu pas lagi ada diskon di shopee :p

4. Facial Oil
Udah liat postingan aku soal Face Oil belom? Di sana aku bahas soal face oil yang cocok untuk jenis kulit. Nah karena kulit aku berminyak, jadi aku pakenya Sunflower Seed Oil dan Grape seed Oil dari Kleveru.


Nah kedua oil ini emang ditujuin buat yang punya kulit berminyak. Tapi kalo pagi, aku pakenya yang sunflower seed oil aja. Ya kadang digabung sih, tapi seringnya pake yang sunflower seed aja.
Efek yang aku rasain, kulit aku jadi super lembab, jarang jerawatan juga, produksi minyak bener-bener berkurang. Bisa di google sih manfaat sunflower seed oil itu apa aja.
Kalo kalian pemilik kulit berminyak dan masih takut buat pake oil karna kalian takut jerawatan, kalian harus banyak baca girls. Karna face oil adalah kunci dari tekstur kulit yang bagus dan sehat.
Aku pake merk Kleveru, bisa dibeli di ig atau shopee. Harganya sekitar 40ribuan ya guys cukup ramah di kantong dan karna pakenya juga paling 2-3 tetes, jadi awet banget deh bisa buat beberapa bulan.

Oh iya ada tips nih buat yang pengen pake minyak tapi males sama efeknya yang berminyak lengket dan ngga enak. Caranya, waktu muka masih 3/4 kering abis dipakein toner/serum, kamu langsung pakein face oil. Jdi nanti oilnya akan meresap bareng sama tonernya tanpa terasa greasy. Atau bisa juga ditetesin di moisturizer yang mau kamu pake. Well, selamat mencoba!

5. Moisturizer
Moisturizer itu yang nentuin kondisi kulit kamu seharian. Apakah akan sangat berminyak atau normal. Jadi harus pinter-pinter pilih moisturizer. Apalagi yang punya oily skin, pasti deh kalian skip step ini karena ngga mau muka makin berminyak. Makanya aku selalu pake moisturizer yang teksturnya gel-cream biar mudah meresap. Nah aku pake Kiehl's Ultra Facial Gel-cream. Emang meholita beb, yang travel size 7ml aja 90rb huhu tapi enak banget dipakenya. Bener-bener lembut, lembab, moisurizing sekaligus hydrating, dan yang paling penting ngga bikin minyakan.



Tapi baru-baru ini aku menemukan dupe-nya yang menurut aku super murah sih, untuk jar ukuran 180ml harganya cuma 135rb huhu bahagia banget deh. Hatomugi Skin Conditioning Gel adalah produk dari Jepang yang baru-baru aja masuk ke Indonesia, makanya belom terlalu terkenal tapi udah banyak review yang bilang suka banget. Teksturnya water based sih ini, makanya lebih cair dari gel pada umumnya. 
Hatomugi ini udah masuk produknya di guadian dan watson, jadi lebih mudah buat nyarinya. Waktu itu aku beli juga impulsif aja sih karna emang lagi nyari moisturizer yang gel. Tanpa cari tau reviewnya, cuma modal tester di guardian, langsung deh beli. Dan pas udah dipake, bener-bener enak bangetttt. Rasanya kaya pake gel-creamnya Kiehl's. Bikin lembab, tapi ngga bikin makin berminyak. Sejauh ini sih ngga bikin jerawat maupun bruntusan di aku ya, so we'll see semoga beneran cocok di aku.

6. Sunscreen
So this is the last step. Fyuh..
Ngga mau jelasin panjang lebar karena udah pernah aku jelasin di postingan aku yang judulnya Sun Protection. Sun screen yang lagi aku pake dan aku suka adalah dari Biore UV Aqua Rich SPF 50

Sunscreen ini memang punya kadar alkohol yang cukup tinggi, makanya kalian yang kulitnya sensitif sama alkohol ngga disarankan buat pake ini. Kalo aku sih alhamdulillah ngga ada masalah sama alkohol, jadi pake ini baik-baik aja. Ngga bikin kusam juga kaya yang kalian takutin kao pake sunscreen. Teksturnya water based dan ngga ninggalin white cast karna ini chemical sunscreen.
Di drugstore udah banyak banget yang jual sunscreen ini, harganya pun terjangkau ya sekitar 120-130ribu tergantung belinya dimana.

Cape ngga bacanya? Aku sih ngetiknya capek guys T.T
Semoga sedikit membantu kalian yang lagi cari produk skin care yaa. Dan sekali lagi harus diinget, yang cocok di aku belum tentu cocok juga di kalian. Gimana bisa tau cocok atau engganya? Ya dicoba. You never know if you never try.

Have a good day, everyone!

Love,
Dhinda

1 comment:

  1. artikelnya sangat bermanfaat terutama bagi saya baru menggeluti skincare, bila berkenan silahkan berkunjung ke artikel blog saya manfaat tea tree oil , barangkali berkenan untuk review saya akan senang sekali

    ReplyDelete

Powered by Blogger.