Skin Update



Hello girls! Di awal 2019 ini aku mau sharing skin update. Aku mau kasih tau kondisi kulit aku sekarang gimana setelah setaun lebih mencoba-coba berbagai produk skin care dan mencari produk yang bener-bener pas bisa ngatasin masalah kulit aku. Sebelumnya aku cerita dulu deh gimana kondisi kulitku.

Setelah lepas krim dokter di pertengahan 2017, kondisi kulitku bener-bener parah. Namanya juga biasa pake krim teratur trus berenti dan coba-coba pake ini itu kulit jadi langsung bereaksi. Selama ini yang dipakein krim racikan itu masih baik-baik aja, jerawat mungkin segan buat keluar ke permukaan yang akhirnya kependem di bawah. Akhirnya begitu stop krim dokter jerawat-jerawat mencuat semua keluar ke permukaan. Pun dengan komedo. Tipe jerawat aku bukan yang gede dan bernanah. Tapi kecil-kecil, merah dan banyak. Adapun jerawat yang bener-bener sampe radang itu bisa membesar dan kalo udah sembuh bakal ninggalin noda item. Bruntusanpun hampir penuh sejidat. Bikin brudukan banget kalo diliat serem. Dipakein make up juga ngga bagus teksturnya, dibiarin aja juga ngga pede.

Taun 2018 awal, kulitku masih belum bagus banget kondisinya. Sama sekali jauh dari kata sehat. Kulit aku jenisnya memang oily, bahkan saat itu amat sangat berminyak. Bruntusan di jidat sebentar ilang sebentar muncul lagi sedikit atau banyak. Jerawat batu dan bruntusan juga di dagu. Bekas-bekas jerawat di dagu dan pipi. Pori-pori sekitar hidung besar, mangap dan ngga banget deh. White&black heads di hidung. Bener-bener semua masalah muka itu nemplok di muka. Tapi aku masih coba berbagai macem produk. Pake produk A bisa ngilangin bruntusan, tapi muncul masalah baru. Pake produk B buat kulit oily tapi bikin komedoan, malah ada yang bikin makin berminyak. Setelah baca ini itu,  belajar ke beauty guru di youtube, instagram, cari-cari basic info tentang kulit dan sebagainya, sekarang kondisi kulit aku sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Biar gampang bacanya, aku bakal pisahin per masalah
  1. Kulit aku yang tadinya super oily bener-bener di seluruh muka. Bukan Cuma T-Zone, tapi di jidat, pipi, dagu, hidung. Pokoknya kalo pake make up tuh pasti luntur deh karna minyakan itu. Terus akhirnya aku banyak cari info nih soal kulit berminyak. Coba-coba berbagai produk yang klaimnya “for oily skin”. Dan hasilnya? Minyak makin keluar membanjiri wajah ini. Kenapa sih? Karena, produk-produk for oily skin itu sifatnya mengeringkan. Mengandung berbagai macam bahan-bahan yang sebetulnya memang untuk mengatasi kulit berminyak, tapi lama kelamaan, bahan tersebut akan menyerap minyak-minyak di wajah. Loh bagus dong minyaknya terserap semua? Nope. Ketika minyak wajah menghilang, kelenjar akan memproduksi minyak lebih banyak lagi karna kulit mengirimkan sinyal dehidrasi ke otak. Bukannya minyak berkurang, yang ada malah makin banyak lagi minyak di wajah. Jadi gimana dong? Ngga boleh pake produk for oily skin? Boleh, kata siapa ngga boleh? Tapiiii kita harus tau dulu nih basic-basic oily skin.
    Aku mengatasi kulit berminyak dengan “meghajar” kulit wajah dengan produk-produk yang sifatnya hydrating dan moisturizing. Ini ngebantu banget kalo kulit kalian berminyak karena dehidrasi. Penggunaan hydrating dan moisturizing products akan memenuhi kebutuhan air dan minyak di kulit. kalo air dan minyak udah terpenuhi, kulit akan menjadi “kenyang” sehingga ngga ada lagi sinyal-sinyal dehidrasi yang memerintahkan buat memproduksi minyak lebih banyak. Buat produk hydratingnya aku pake dari toner hydrating aja. cari yang cocok di kulit dan bikin kulit superrr hydrated. Aku biasanya pake beberapa layer toner hydrating di pagi dan malam hari. Makin banyak layer ya sebenernya makin lembab kulitnya. Dan buat produk moisturizing aku pake moisturizer/pelembab. Cari yang teksturnya itu gel-cream supaya cepat meresap dan ngga bikin kulit makin berminyak. Moisturizer yang bertekstur gel-cream ini memang paling cocok dipake sama si pemilik kulit berminyak. Bisa sih pake yang cream biasa, Cuma biasanya kan kalo cream itu dia thick sekali ya jadi kalo kalian risih sama teksturnya ya si gel-cream ini alternatifnya.
    Sekarang? Kulit aku udah jauh lebih mendingan, ngga berminyak parah kaya dulu. Yaa paling berminyak dikit di T-Zone dan itu wajar aja sih. Make up juga makin awet, ngga gampang luntur karena minyak.
  2. Bruntusan di jidat yang hampir penuh dan hilang-timbul awalnya aku pakein aloe vera gel yang sedang hype pada masanya. Enak banget dah tuh adem, bikin bruntusan cepet kering dan ilang. Sementara. Beberapa waktu kemudian muncul dah tuh brondongan sejidat-jidat huhu so sad. Bikin ga pede banget deh kalo jidat lagi bruntusan. Ternyata setelah menelaah lebih dalam lagi, si aloe vera gel yang beredar di pasaran itu ada kandungan alkoholnya. Memang, awalnya baik-baik aja di kulit. ngga munculin reaksi apapun, tapi bikin kalem bruntusan dan beberapa jerawat. Pas kondisi kulit lagi kurang bagus, dipakein aloe vera gel beralkohol ini langsunglah kulit bereaksi. Jadi akupun stop pake aloe vera gel. Sampe pernah suka banget scrub wajah, bisa tiap hari ngescrub muka. Oke oke i know its totally wrong.

    Emang bikin bruntusan bersih sih, dan ngga datengin masalah lain. Tapi lama kelamaan sadar juga kalo scrub itu bisa bikin kulit iritasi apalagi kalo pemakaiannya tiap hari
    like i did T.T Akhirnya, aku bener-bener fokus ke hydrating dan moisturizing kulit seperti yang udah aku jelasin di atas. Perlahan bruntusan mulai ilang dan jadi bersihan lah istilahnya. Tetep scrub wajah sih, tapi ya kaya seminggu sekali gitu. Apalagi aku mulai nyoba pake exfoliating toner, wah makin-makin deh jidat aku mulusss

    Jidat aku sekarang ya udah ngga ada bruntusan dan ngga perna muncul lagi bruntusan. Kalopun ada ya 1-2 aja karna bersihin mukanya ngga bener, atau kurang hydrating.
  3. Pori-pori besar, bikin jelek banget tampilan wajah kalo ngga dipakein primer, foundation, bedak dll. Aku dari dulu bergelut sama masalah pori-pori besar. Akhirnya aku cari-cari tau seluk beluk soal pori-pori. Kalian bisa baca tulisan aku soal pori-pori yang ini atau ini. Akupun menyimpulkan, kalo mau pori-pori yang kecil rapet mingkem ya kuncinya penuhin kebutuhan air dan minyak, pastiin kulit cukup lembab, selalu double cleansing dan jangan lupa pake sunscreen. Makanya aku rajin banget double cleansing tuh. Pake sunscreen juga ngga pernah skip, walau kadang lupa dan males reapply :p Dan aku juga jadi gila hydrating and moisturizing products. Karna emang sengaruh itu sih di kulit akuHasilnya udah aku rasain sendiri.

    Sekarang pori-pori aku jauh lebih mingkem, lebih kecil dan ngga menganga. Aku ngga bilang pori-pori aku ilang ya, karna ngga bisa ilang juga. Serem sih kalo ngga punya pori-pori wkwk lah manusia apa manekin ga ada pori-porinya.
  4. Komedo. Semua orang kayanya punya komedo deh. Mau white atau black heads pasti tiap orang punya lah. Nah akupun manusia biasa yang berkomedo di hidung. Kalo masalah komedo ini sebenernya aku ngga terlalu ambil pusing ya. Karna manusiawi ngga sih komedoan tuh :’) tapi  tenang guys udah banyak banget kan sekarang produk-produk buat ngilangin komedo. Ya walaupun nantinya muncul lagi, tapi kan lebih baik diilangin dulu daripada numpuk-numpuk  komedonya. Dan komedo itu lama kelamaan bisa jadi jerawat loh. Buat komedo, kamu bisa eksfoliasi kulit kamu.

    Aku mengeksfoliasi kulit aku physically maupun chemically. Pake scrub dan exfoliating toner yang mengandung AHA, BHA dan PHA. Waktu rutinin pake si exfo toner ini, ya komedo ngga serta merta langsung ilang. Tapi lebih mendingan. Paling ngga di hidung nggak terlalu keliatan bintik-bintik hitam dan di sekitaran cuping hidung ngga ada putih-putih yang berbentuk seperti kerak menjijikan ya sebenernya wkwk
  5. Dan buat jerawat di dagu, hmm jujur aku ngga terlalu ribet ngurusinnya ya, karna jerawat yang ada di dagu aku ini jerawat hormonal. Jadi mau kaya apa ngobatinnya, kalo udah waktunya dateng bulan ya muncul lagi tuh jerawat-jerawatnya. Dan tipe jerawatku tuh yang mendem dulu di bawah permukaan kulit, bengkak, keras, kadang merah dan sakit luar biasa. Ketiup angin juga sakit kali cuy. Kondisi kaya gitu bertahan beberapa hari. Biasanya aku langsung templokin clay mask di bagian bengkak itu. 2-3 harian kempes deh. Tapi kadang juga jerawa itu ngga kempes dan malah muncul ke permukaan, meradang dan makin sakit. Ini nih yang nantinya bakal ninggalin jejak kehitaman di dagu.Selain pake clay mask, aku juga pakein exfoliating toner, produk peeling yang mengandung AHA BHA cukup tinggi, trus juga beberapa waktu lalu nyobain pake mandelic acid. Ituuu jenis AHA yang berasal dari almond pahit. Mandelic acid ini ternyata emang ampuh banget buat jerawat karena sifatnya yang anti biotik. Nanti deh soon aku bakal jelasin jenis-jenis acid termasuk si ajaib mandelic acid ini
Nah bisa disimpulin kan kondisi kulit aku sekarang kaya apa? Ya emang belom mulus kinclong dan super glowing sih, tapi udah jauh lebih baik dari sebelumnya. Udah jarang banget muncul masalah-masalah yang bikin stres sendiri. Dan kondisi kulit aku sekarang udah memenuhi goals aku di taun lalu, yang pengen PD sama bare face, bisa PD pergi-pergi ngga harus make up full coverage nutupin imperfections di sana sini. Soon aku bakal ningkatin lagi goals kulit yang pengen aku capai.

Eh tapi kalian penasaran ngga sih sama produk yang aku pake? Jadi ingin share skin care routine sekalian review beberapa produk andalanquu. Tungguin ya, i'll share soon :p


Have a good day, everyone!

Love,
Dhinda

No comments:

Powered by Blogger.